Kamis, 27 November 2008

Tragedi Lupisku dan Cenil ku yang centil

tadi malam mau buat lupis. bolak balek buku resep dapetlah resep lupis dan cenil di buku resep kumpulan gramedia. emang siangnya udah minta diambilin daun pisang sama prt. jd malemnya tinggal di bungkus aja lupisnya. sederhanakan??? tapi....apa yg terjadi???? ternyata.......gak sesederhana dalam bayangan! kendala pertama, masih nyobek2 daun, audy udah rewel minta main2 di halaman luar (padahal udah jam setengah 8 malem). ngebutlah daku membungkus lupis dengan daun yang udah aku siapin. gak sabar juga audy, terakhir sisa pulut yang masih setengah aku masukin ke plastik ukuran 1 kg yang aku masukin daun 2 lembar untuk alasnya, trus aku iket plastiknya. prakstis bukan?? langsung aku masukin ke rice cooker dan aku rebus. baru main sama audy. gitu audy udah tidur jam 9 malem, aku liat rice cookerku. tahukah apa yang terjadi??? grrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.........ternyata pulut yang aku bungkus pake daun pecah semua!! cuma 1 yang selamet!! hiks...hiks.......ahhhh...untunggggggg.....(maklum...indonesia sejati...hehe..) masih ada yang di dalem plastik. jadi tadi pagi masih bisa di potong2 tuh lupis...hihi.....baru tadi malem kepikiran salut sama tukang jual lupis dahhh....telaten banget!

nahhhh....kalo cenil baru aku buat subuh tadi. selesai masak sayur dan sambel untuk makan siang anak2 plus prt, aku buat cenil. wahhhhh...ternyata gampang banget yah. ini resep juga di ambil dari kumpulan resep gramedia. udah lama banget sehhh...sekitar tahun 93 an kl gak salah. kalo mau di tiru ya monggo.......hehe....
picnya kabur2 yah...maklum..pake kamera hp. blom beli kamera digital lagi neh.....

LUPIS

Bahan :
200 gr ketan
1 sdm air kapur sirih
sedikit garam
kelapu parut di campur garam
gula merah di larutkah untuk sausnya.

Caranya :
Rendam ketan selama 1 jam, tiriskan. perciki dengan air kapur. ambil ketan secukupnya, masukkan dalam daun yang sudah di bentuk segitiga, sisa daun sematkan dengan lidi kecil. rebus selama 3 ~ 4 jam. sajikan bersama kelapa parut dan saus gula merah.

CENIL

Bahan :
200 gr tepung kanji
sedikit garam
75 cc air mendidih.
pewarna merah
kelapa parut yang di campur garam
Saus gula merah

Caranya :
ambil 1 sdm tepung kanji dan 3 sdm air mendidih. campur hingga mengental (seperti lem kanji). setelah tercampur rata tambahkan sisa tepung kanji dan garam. tambahkan pewarna. adon lagi hingga pewarna merata. tambahkan air sedikit demi sedikit (kalau sudah bisa di pulung, hentikan pemakaian air), masukkan ke dalam air mendidih. setelah mengapung angkat, masukkan ke dalam air masak dingin, biar gak lengket, tiriskan. masukkan ke dalam parutan kelapa, siram dengan saus gula merah, atau bisa juga kelapa parut di taburin dengan gula putih.

Catatan : untuk adonan jadinya gak terlalu panas, walau pake air mendidih.