Minggu, 20 April 2014

PEYEK UDANG KECEPE


Selama ini males banget buat peyek. ngebayangin duduk berjam-jam di depan kompor, kayaknya gimanaaaaa....gitu. tapi jumat kemaren nekat buat peyek. pasalnya pengen makan cemilan yang kriuk kriuk. berhubung di kulkas adanya udang kecepe (orang medan bilangnya gini, tahukan udang kecepe? itu tuh...bahan dasar untuk terasi) akhirnya buatlah daku peyek udang kecepe. resep di ambil dari tabloid saji. walau di buat versiku, tapi peyeknya tetepppp...renyah. mana rasanya pas lagi, nggak terlalu asin atau kurang asin (muji sendiri sih...hihihi...). hasilnya lumayan banyak. tapi ngabisinnya cepet banget.

RESEP PEYEK UDANG KECEPE

Bahan :

100 udang kecepe
250 gr tepung beras
30 gr tepung kanji
1 btr telur kocok lepas (aku gak pake)
4 lembar daun jeruk, buang tulang, iris tipis (aku gak pake)
800 ml santan cair

Bumbu Halus

3 siung bawang putih
4 btr bawang merah
4 btr kemiri, sangrai (aku gak di sangrai)
2 sdt ketumbar
2 cm kunyit
3 cm kencur (aku gak pake)
1 sdt gula pasir (aku gak pake)
1 sdt garam

Minyak untuk menggoreng secukupnya.

Caranya :

Campur bahan dan bumbu halus. cairkan dengan santan. aduk sampai licin. panaskan minyak, tuang 1 sdm ke sisi wajan. siram2 dengan minyak sampai mengapung di kuali. agak coklat angkat. lakukan sampai adonan habis