Minggu, 20 April 2014

BANANA CAKE

cake pisang panggang

cake pisang kukus

Ini resep udah malang melintang di grup NCC fb. buatnya yang gampang, dan hasilnya yang anti gagal, membuat member NCC pada praktek. akupun nggak mau ketinggalan. rasanya?? pake rumus anakku ya. kalau di nilai dari 1 sampai 5, nilainya 6. nah lho?? nunggu apa lagi? coba ya....
eh, ternyata di kukus enak juga lho. bahan sama dengan yang di panggang, bedanya cuma di kukus doang. ini atasnya di kasih meses. cuma karna mesenya agak cair jadi jelek harusnya kasih meses kalau udah setengah masak aja. jadi mesesnya masih berbentuk. pinggir loyang tetep aku  oles minyak goreng plus taburan tepung.

Banana cake
By Mâché Yufrita

Bahan:
4 buah pisang Ambon/pisang raja yang sudah mateng banget (kira2 725 gr di timbang dg kulitnya), kupas dan benyekin hingga jadi bubur, sisihkan
310 gr tepung self raising ayak dg 1 sdt baking soda
(tepung terigu 310 gr + 1/2 sdt bp +1 sdt baking soda sebagai pengganti self raising)
240 gr gula pasir (aku pake 200 gr gula)
4 butir telur
240 gr mentega cair atau (300 ml) minyak sayur
1/4 sdt garam
Sedikit vanili

Cara:
Panaskan oven 150'C
Kocok gula, telur, garam dan vanili hingga putih. Masukkan pisang dan aduk perlahan dg spatula hingga rata.
Kemudian masukkan tepung secara bertahap dan aduk perlahan hingga rata. Terakhir masukkan mentega cair/minyak sayur secara perlahan dan aduk pelan2 hingga rata. Jika mau nambahi poppy seed, sangrai dulu poppy seednnya lalu dinginkan dan baru dimasukin setelah minyak. Demikian juga kalo mau nambahi coklat chip, walnut atau kismis. Masukkan adonannya kedalam loyang yg sudah diolesi mentega cair yg bercampur dg terigu. Bakar selama 50-60 menit.
Jika selama masa pengovenan, kuenya belum mateng tetapi sudah coklat banget, turunin suhu oven dan cepat2 tutup bagian atas dari kue/loyang dg aluminium foil agar kuenya ga hangus.
Silahkan dicoba ya ibu? Insya Allah anti gagal, gampang banget buatnya...