Minggu, 16 September 2007

KLAPPERTART MANADO (ORIGINAL) resep by Ellen Antheunis (chicken's Kitchen)

Hari minggu kok pengen banget buat macem2. berhubung hari libur, rasanya pengen semua makanan di coba. Walau uwak hari minggu libur, nekat aja buat makanan sendiri. Toh audy bisa di jaga sama aga dan devi. Akhirnya terbuatlah roti jala (berhubung devi udah merengek dari puasa pertama minta buatin roti jala), klappertart, sama (lagi2) martabak mini. Entah kenapa devi antusias banget pengen buat klapertartnya, padahal aku baru dapat resepnya di milist teras kuliner, kiriman dari ellen. kata yang ngasih resep, ini klapertart resep aslinya.rasanya bener2 legit….Aku Cuma ngasih ukurannya. Trus mulai dari ngocok telur, sampai ngasih kismis, devi yg ngerjain semua. Wahhh…klapertart perdanaku bener2 sukses… ternyata anakku ada bakat juga jadi tukang kue tuh…hihi…..

KLAPPERTART MANADO (ORIGINAL)

Bahan :
200gr gula
220- 250 gr tepung terigu
100 gr butter atau margarine, cairkan
210 ml air kelapa
1/2 kaleng SKM
2 kelapa muda,keruk isinya
240 gr telur utuh( dari ukuran 4x 60 gr telur)
40 gr kismis ( aku mix kismis golden dan kismis biasa)
20 gr irisan kenari/almond (aku nggak pake)
vanili

Cara :

Larutkan SKM dgn air kelapa, sisihkan.
Kocok telur dan gula sampai fluffy lalu segera hentikan jgn sampai pucat ngocoknya, tambah vanili, tepung, susu dan mentega cair, aduk terus dgn sendok kayu sampai busanya hilang. Tuang ke cetakan glassproof dan panggang selama 30-40 min dgn suhu 170-180° Centigrade. Hasilnya tidak berpori /sponge spt cake.

7 komentar:

blessed to be bless mengatakan...

Mbak, resepnya ini untuk ukuran cetakan berapa (panjang x lebar) ya? "fluffy" maksudnya mengembang ya Mbak?
Makasih ya mbak.

bunda kimi mengatakan...

wahh ini nie resep klappertart yg sy cari, pakai air kelapa hehehe. thanks ya mba

Mbak Endang mengatakan...

sama2 bunda kimi....thanks ya, udah mampir...

Anonim mengatakan...

wahhh..kayaknya enak nih..buat ahh..makasih ya mba resepnya :)

fitria mengatakan...

Terima ksh resepnya mba

Windinarty Astuti mengatakan...

Salam kenal mbak..resepnya simpel banget ya..tanpa proses masak atau dijenang ya mbak kayak ditempat sebelah..makasih

Windinarty Astuti mengatakan...

Salam kenal mbak..resepnya simpel banget ya..tanpa proses masak atau dijenang ya mbak kayak ditempat sebelah..makasih