Minggu, 30 September 2007

PIZZA

Hari minggu kemaren buat pizza. wahhhh....deg2an banget!! kebayang sulitnya buat pizza. eh...nggak taunya gak gitu sulit tuh....ikutin aja cara2nya.....pasti jadi!! aku ambil resepnya dari buku resep terbitan gramedia. aku baca gak pake telur, berhubung takut rotinnya keras, aku nekat, tambahin aja telur 1 butir. rotinya tambah lembut. sayangnya aku gak punya cetakan pizza. jadi lagi2 aku pake loyang bunder, padahal ini resep pas nya untuk satu loyang pizza yang besar.
Resep Pizza

Bahan Roti :

250 gr terigu cakra
10 g ragi instant
½ sdt gula pasir
½ sdt garam
120 cc air (aku pake 100 cc aja)
1 btr telur (di resep nggak pake telur)
2 sdm minyak jagung (aku pake minyak makan biasa)

Untuk saus tomat :
500 gr tomat di parut
2 sdm tomato paste (aku pake merk del monte)
2 siung bawang putih, cincang
75 gr bawang Bombay
Garam, gula sesuai selera

Untuk isi :

200 gr daging cincang (aku ganti ayam cincang)
15 bt jamur merang di belah (aku gak pake, berhubung gak punya stok…)
1 bh paprika di iris bulat
1 siung bawang putih, di cincang
50 gr bawang Bombay, di cincang
2 bh maggi blok
¼ sdt oregano dan basil
100 gr keju mozzarella (aku pake keju biasa aja…hehe…)
2 sdm keju tua

Cara membuat :

  1. untuk adonan roti, masukkan minyak dan telur ke dalam campuran tepung. Aduk sampai rata. Masukkan air sedikit-sedikit sambil di uleni sampai adonan tidak melekat dan licin. Tutup dengan lap basah, diamkan sampai mengembung 2 kali.
  2. tipiskan/giling adonan setebal ½ cm, cetak bulat dengan garis tengah 30 cm. tebalkan bagian tepi 1 cm. taruh di loyang yang di oles minyak. Tusuk2 bagian tengah supaya tidak menggelembung. Pangang dalam oven panas 200 derjat celcius selama 10 menit, sampai setengah matang, keluarkan dari loyang
  3. Saus tomat : tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai kuning. Masukkan tomat, maggi aduk sampai kental, masukkan tomat pasta. Aduk rata.
  4. Untuk isi : tumis bawang putih, bawang Bombay, masukkan daging cincang, masak sampai air habis. Masukkan jamur, sedikit gula, aduk sampai matang, masukkan paprika, oregano, basil aduk lalu angkat dari api.
  5. Penyelesaiannya : olesi kulit pizza, lalu taruh adonan isi, taburkan dengan irisan keju mozzarella. Panggang dalam oven dengan panas sedang selama 10 menit sampai matang.

Tidak ada komentar: