Rabu, 12 September 2007

BISTIK DAGING

pengen nyoba bistik yg mendekati bistiklah.....yang nggak terlalu banyak bumbu rempahnya. kalau selama ini buat semur daging, ngakunya sama anak2 buat bistik....hehe...emang anak2 suka banget. ternyata, bistik yang ini emang bener2 khas banget. rasa dagingnya itu lho....kerasaaaaaaa...banget...walah...komentarnya kok ngalah2in pak bondan...hehe...
buat yang nggak suka makanan berempah, bistik yg ini cocok untuk di coba. kalo aku nyobanya kemaren setengah resep aja....

Bahan

1 kg daging sapi
½ cangkir penuh mentega
3 buah tomat dipotong
10 btr bawang merah

Bumbu

10 btr merica
7 siung bawang putih
1 cm pala
seiris jeruk nipis
garam

Cara membuat

Giling halus semua bumbu.Cuci daging, potong empat, tusuk-tusuk dengan garpu. Lumuri daging dengan bumbu dan air jeruk nipis, diamkan kira-kira 1 jam.
Panaskan mentega, goreng daging berbumbu ini sampai berwarna coklat tua, angkat.
Masukkan daging ke dalam panci. Saring minyak bekas menggoreng daging tadi lalu tuangkan ke dalam panci. Tambahkan air panas sampai daging terendam, bubuhi sedikit garam. Panaskan panci. Masukkan tomat, masak sampai kuahnya tinggal sedikit dan daging menjadi cukup lunak. Masukkan bawang merah bulat yang suadah digoreng setengah matang. Biarkan sebentar, angkat masakan. Lalu daging dipotong-potong tebal.

Bistik komplit ialah bistik yang telah dipotong-potong ditambah dengan kentang goreng, bayam rebus serta biji kapri rebus(erwten), bunga kol, wortel, buncis yang semuanya telah direbus, lalu, disiram dengan kuah bistik tadi.

Tidak ada komentar: