Selasa, 07 September 2010

KUE BAWANG



Kalau nastar paling sempurna, kue bawang ini paling top markotop. Ini kue bawang paling enak yang pernah ku buat. Kekekkeke….tapi beneran lho. Nggak sia2 aku modif resepnya. Rasanya lebaran nggak klop kalau nggak ada kue bawang dan kacang tojin di tempat kue ku. Kalau mau coba entar di kirim hasilnya ya ke tempatku. Hehe….

KUE BAWANG


Bahan :

Terigu 1 kg
Tepung kanji 100 gr
Bawang merah 250 gr (resep lama 200 gr kok kurang nendang)
Bawang putih 150 gr
Telur 3 btr
Royco 2 bks
Daun sop 100 gr (iris halus)
Gula pasir 100 gr
Garam 1.5 sdt
Mentega 75 gr (di ubah ya, biar agak lebih renyah)
Santan kara 3 sdm (kebetulan ada sisa aja di tempatku, di skip jg gpp)
Air ± 50 cc

Kalau mau agak pedas, bisa di kasih cabai giling yang kasar 1 sdm aku kermaren pake cabi giling yang aku blender sendiri 1 sdt. Terserah selera aja.


Cara membuat :

Haluskan bawang merah dan bawang putih. Tumis bawang dan cabai Giling di atas minyak panas, lalu masukkan garam, royco, dan gula putih. Dinginkan. Setelah dingin masukkan terigu, santan kara, mentega, telur dan daun sop. Aduk hingga rata. Kalau masih keras baru tambahkan air. Berhubung adonannya udah agak lembab, aku hanya membasahi air di tanganku, sambil mengulenin adonan. Nggak perlu sampai kalis, asal udah tercampur rata semua bahan, siap di cetak. Untuk menggoreng pakai api sedang, agar kue bawang tidak mudah gosong. Selamat mencoba.

2 komentar:

Afnan Wannaberich mengatakan...

Ibu ini walaupun seorang wanita sibuk, masih sempet nulis blog..
benar2 patut dicontoh..

Aku dah nyontek nih..
Makasih resep2nya ya bu..

Tapi da yng aku tnyain nih..,
bikin kue bawangnya biar tipis2 g2 digimanain ya..?
makasih bu..

Tentang aku... mengatakan...

saya cuma seneng hunting resep di internet juga afnan. kalau dapet yang mudah buatnya rasanya berdosa kalau nggak di praktekkin. lagian nggak sibuk2 amat tuh...hehe....heran juga ada anak muda yang tertarik buat kue ya. untuk kue bawang yg tipis saya pake gilingan mi. pertama masukkan ke ukuran yang agak besar, baru ke yang tipisnya. semoga ngerti ya. makasih udah mampir...