Minggu, 20 April 2014

ROTI PISANG COKLAT


lagi-lagi roti. roti lagi-lagi. sekarang hampir setiap hari buat roti. gimana nggak setiap hari, kalau sekali bikin langsung habis. untuk satu adonan kadang2 jadinya 16 bh, bahkan 18 buah. tergantung besar kecilnya roti. kali ini isi pisang sama misis. aku suka bentuknya. nyontek dari internet juga sih. lama-lama jadi seneng ngebentuk roti. aku tulis lagi resepnya ya.

BAHAN :
350 gram tepung terigu protein tinggi
150 gram tepung terigu protein sedang (aku pake segitiga biru)
125 gram gula pasir (aku pake 50 gr)
3 kuning telur (aku pake 2 kuning telur)
1 bungkus ragi instan (aku pake 1 sdm)
1/2 sendok teh garam
275 ml air (aku pake 250 ml)
100 gram margarin atau shortening
CARA MEMBUAT :
1. Campur tepung terigu yang telah diayak, gula, kuning telur, dan garam sampai gula larut.
2. Tambahkan ragi instan ke dalam tepung. Aduk rata lalu tuangkan campuran air sambil diuleni hingga kalis.
3. Masukkan margarin dan uleni lagi sampai lembut dan elastis. Diamkan adonan 30 menit. Kempiskan adonan dengan cara meninjunya. kalau aku, setelah mengempiskan adonan, aku ambil adonan secukupnya, aku pulung panjang, terus aku potong2 pake pisau kira2 besarnya 40 gr. setelah terpotong semua, aku tarik dari sisinya hingga berbentuk bulat. letakkan sisa adonan di bawah bulatan roti. setelah itu adonan siap diisi dan dibentuk. untuk bentuk pisang ini, ambil sebuah adonan, giling dengan rolling pin atau botol, letakkan misis di bawah, lalu masukkan pisang yang telah di panggang sebentar di atasnya. sayat kiri kanan roti, lalu buat seperti kepang. setelah selesai, biarkan kira2 15 menit. oles dengan susu cair (kalau gak ada susu bubuk yang dicairkan, aku pake skm yang di cairkan), lalu panggang dalam oven kira2 30 menit untuk api bawah, dan api atas sebentar saja, kira2 5 menit, sampai kuning kecoklatan. setelah diangkat, agar roti mengkilat, oles dengan mentega.