Senin, 01 Desember 2008

DONAT ISI PISANG

Waktu itu lagi foto copy. Trus liat bang foto copy lagi ngopi resep masakan. Trus cerita2 sama abang foto kopi. Dia bilang, “saya suka beli kue yang dalemnya pisang, terus luarnya gula gitu. Enak lho.” Promosinya. Trus aku tebak aja. “luarnya kayak kue kemplang ya bang” abang itu bilang. “Yak, betullll!!” Walah…kayak maen tebak2an…hehe…..trus aku bilang. “Besok saya coba ya bang……” berhubung di rumah ada pisang kepok di kasih tetangga. besoknya aku bikinlah donat pisang ini. Eh….gitu aku kasih sama abang foto kopi dia bilang. “Iyaaa....kayak ginilah yang abang maksud. Cepet kali buatnya…”ktnya dengan logat medan yg kentel (la iya lah…lha wong tinggal di Medan…..) wah…pokoke berguru sama semua orang da…..
Mau coba juga?? Ini resepnya.

Bahan :

250 gram tepung terigu protein tinggi
25 gram gula pasir
1 kuning telur
1 sdt instan
1/4 sendok teh garam
100 ml air
50 gram margarin
Pisang kapok 4 buah di kukus sebentar (1 buah di potong jadi 4)

Untuk besta :
Gula putih 1 ons
Air 200 ml

Caranya :
Campur semua bahan jadi satu. Uleni sampai elastis. Diamkan adonan 30 menit. Kempiskan adonan lalu bagi menjadi 16 bagian kecil. Isi dengan sepotong pisang, lalu bentuk sesuai besarnya pisang. setelah selesai biarkan 10 menit. Goreng dalam minyak yang sedang panasnya dengan api sedang. Goreng sampai kering dan matang.
Setelah itu larutkan gula dan air. Tunggu hingga gula larut dan mengental. Baru masukkan semua donat. Aduk hinggá gula berserabut. Siap dihidangkan.