Senin, 08 September 2014

DONAT EMPUK

isi pisang dan topping coklat

coklat leleh plus meses
Ini donat empuk banget. resep dari mbak fatmah bahalwan. cuma, kalo untuk di jual susah ya. entah mau di jual harga berapa. jelas, gak bisa di jual sebiji seribu bahan2nya kemahalan. gimana gak mahal coba, untuk tepung setengah kilo aja kuning telurnya sampe 4 biji. tapi beneran empuk banget lho. untuk 1 buah donat harusnya cuma 30 gr aja beratnya. kemaren nimbang 40 gr kegedean. jadi makan 1 aja udah kenyang. sebetulnya buat donat ini juga memanfaatkan sisa kuning telur, karna ada teman yang lagi hamil pengen lidah kucing pelangi, jadi kuningnya aku manfaatin buat donat ini. terima kasih buat mbak fatmah atas resepnya. salutttttt banget sama ibu yang satu ini, gak pernah pelit sama resep yang mantap. padahal di jadiin dagangan juga. semoga makin nambah amalnya ya mbak. ijin share di blog ku resepnya mbak.



     
Isi Pisang
DONAT EMPUK
sumber: ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr gula pasir
15 gr susu bubuk
2 butir kuning telor
1 sdt ragi instan
70 ml susu cair
50 ml air es 
50 gr mentega
½ sdt garam


Bahan Pelengkap :
Gula donat, cokelat leleh, atau toping donat lainnya.

Cara membuat
# Campur tepung terigu,ragi,gula,dan susu bubuk dalam satu wadah..aduk rata
# Tuang kuning telur , susu cair dan air es, ulenin hingga bergumpal. Masukkan mentega dan garam, lanjutkan menguleni hingga kalis. Istirahatkan adonan 15 menit,.
# Timbang adonan 40 gr, bulatkan sempurna. Istirahatkan 15 menit. Lubangi tengahnya. Lalu goreng dengan minyak panas dengan api kecil hingga kuning kecoklatan.
Angkat, dinginkan beri pelengkap gula donat atau toping.

Catatan : setelah donat di buatkan, beri taburan terigu di loyang atau alas lainnya. aku kemaren sebagian diisi pake pisang barangan dan irisan coklat dikit. 
Pake gula donat