Selasa, 17 Juli 2007

Mati lampu.....aduh gelapnya.....*joged*

baru dapet mail dari andy di batam, minta ceritain tentang serunya mati lampu di Medan (gak ada seru2nya deng….) Berhubung nih orang baek banget, mau ngebantuin benahin blog aku yg masih amburadul (thx a lot yah ndi atas bantuannya, berkat dikau nih blog jadi lebih berwarna….:) kalo mau kenal lebih jauh ini nih blog nya http://andy-hajime.blogspot.com

Ok, aku cobalah mengulas dikit tentang listrik yang suka byar pet di Sumut, walo agak melenceng dari topic blog ku…..hehe…..aku melihatnya dari kacamata orang awam aja yah…….

Libur kemaren aku ke medan, nginep di rumah ibu, Cuma 2 hari sih. aku terkaget-kaget dengan listrik yang bentar2 mati. Walau aku tinggal di Sumut, tapi di tempatku listrik jarang banget mati..lagian kalau mati gak pernah lama berhubung aku tinggal di kompleks Inalum,listrik di sini gratis, karna Inalum punya pembangkit listrik sendiri untuk mengelola Aluminium.

Aku perhatiin orang medan dan sekitar daerahku juga, emang kasian banget. Lha wong anakku yg cuma tinggal beberapa hari aja di medan jadi rewel karna kepanasan. Jangankan AC, kipas anginpun gak nyala. Gimana mau tidur nyenyak, mulai jam 11 malem listrik udah matiiii…Yang lebih prihatin lagi orang2 kecil yang jualan es pake kulkas sendiri. Apa itu es batu (air putih yg dibekukan), atau es lilin. Pokonya es lah……….tuh es gak pernah keras, terakhir gak jual es lagi dah….keburu basi…..ktnya. Keselnya waktu aku singgah di warung pinggir jalan mau beli es krim WALLS. Udah haus banget anak2 pengen minum (minum pa makan ya?? ) WALLS, kok tuh es lumer semua….hiks…hiks….penjualnya pun berkeluh kesah….kayaknya gak jual es lagi saya, lumer melulu…….ktnya memelas.

Emang kasian sih……….. Berita di Koran akhir2 ini juga membahas tentang listrik yang suka mati di Sumut. Tapi yg buat kami2 yg kerja di sini jadi cemas…….Kok solusinya INALUM di tutup sehhh????? Apa mereka gak tau kalo Inalum di tutup tuh berapa ribu karyawan yg bakal menganggur?? Apa mereka mau menanggung mantan karyawan Inalum yang kehilangan pekerjaan??? Setauku Inalum gak pernah berhutang sama PLN, malah PLN yang masih utang Energi ke Inalum. Karna selama ini Inalum dan PLN ada kerjasama memasok listrik secara bergantian. kalau PLN mengirimkan listrik 15 MW pada siang hari, maka Inalum akan mengirimkan 45 MW pada malam hari. Jadi PLN dan Inalum sama2 mengirimkan listrik 270 MW perhari. (aku kutip dari harian Kompas 7 Juli 2007 hal.26)

Dengan kondisi PLN sekarang ini, gimana cara membayarnya??? Maunya aku sih, kalo Inalum di minta membantu itu ya semampunya……kan selama ini Inalum gak pernah tutup mata sama keadaan sekitar?? Ini kok nakut2in karyawan kecil kayak aku…hiks…hiks…hiks…..walahhhh…..jadi curhat….

Segini dulu yah….cerita mati lampu di Medan…….moga ada solusinya….aku baca di harian SIB, Inalum akan Bantu energi listrik tambahan sebesar 90 MW. Moga cepat terealisir, dengan tidak merugikan para karyawan sendiri…..sapa tau dengan di bantunya PLN sebesar itu, taon depan karyawan gak bisa terima bonus lagi…..moga gak yah…..win win solution lah……

Peace….

2 komentar:

Andy mengatakan...

walah...ga pa pa lah kalau bog saya nempel di blognya mbak, hitung hitung sekalian promosi gratis he..he..syukur aja inalum ga 'nikmati' mati lampunya, ntar istri saya juga mo lihat blognya mbak karena saya bilang banyak resep tuh cuma karena telkomnetnya lagi rajin putus putus connectionnya ya belum kesampaian.

Mbak Endang mengatakan...

walah....jadi malu ndi...bilang ke istri yah,....kalo dah pakar masak jangan di ejek....kasih dong resep menu andalan keluarga, ntar di coba deh.......