Senin, 23 Juli 2007

RESEP ROTI TAWAR

Jumat kemaren, pulang kerja kok kepikiran pengen buat roti tawar sendiri. Berhubung roti tawar yang di jual di sini banyakan agak keras. Berbekal ilmu dari saji, aku buatlah roti tawar yang aku modif dikit. Berhubung loyang petak yang ada tutupnya gak punya, ya aku buat roti tawar yang kecil. Aku buat Cuma sepersepuluh dari adonan, karna yang di saji terigunya ampe 3200 gr. Lumayan, jadi 6 biji roti tawar kecil. Waktu aku baca resepnya sempet heran, kok gak pake telur?? Mau aku tambahin telur sendiri, tapi gak berani lari dari resep. Akhirnya aku ikuti aja petunjuk di saji...e alah..,,,sukses!! Walau tuh roti gak pake telur, tapi rasanya...hmmm.....lembiyuttt......untuk isi aku pake butter cream ditambah missis......yummy deh......

RESEP ROTI TAWAR

3200 gr terigu protein tinggi

320 gr gula pasir

120 gr susu bubuk

48 gr ragi instant

2120 ml air es

320 gr mentega putih (aku pake mentega biasa)

8 sdt garam

Caranya :

  1. Aduk terigu, gula pasir, susu bubuk dan ragi instant sampai rata. Tuang air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 75 gram. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  4. giling adonan memanjang. Gulung
  5. Giling lagi adonan memanjang, gulung.
  6. olesi loyang roti tawar yang di oles margarin.
  7. letakkan 4 bagian gulungan roti di setiap loyang.
  8. tutup loyang. Diamkan 55 menit. Penutup loyang jangan lupa dioles margarin
  9. oven 25 menit dengan suhu 190 derajat celcius.

Note : setelah dingin, segera bungkus roti tawar dengan plastik agar tidak kering. Jika ingin lebih gurih, panas-panas oles roti tawar dengan mentega.