Kamis, 30 Oktober 2014

Mengupas Bolu Kukus


Membuat bolu kukus gampang-gampang susah. Kalau resep menurut selera mau pake yang mana. Ada beberapa resep yang pernah aku coba, tapi aku lebih sering memakai resep yang di kasih tetangga. Dengan metode ini, bolu kukus jadi lebih lembut teksturnya. Nahh.....kemaren temen pesan snack 3 macam, pengen ngasih bolu kukus ubi ungu salah satunya. Udah pernah nyoba sih dan sukses. Cuma warnanya kurang ngejreng. Berhubung aku gak pake tambahan pewarna lagi. Jadi aku browsing lagi yang pake resep amel's kitchen (ijin share resepnya ya mbak). Semua bahan di kocok jadi satu, seperti resep yang di kasih tetangga. E alah.....kok hasilnya malah mengkerut di bawah. Padahal adonan udah fluffy banget. Yang aku langgar cuma cara ngocok yang pertama, harusnya selama 5 menit sampai tercampur rata, aku cuma 3 menit doang. Lha wong 3 mnt aja udah tercampur rata. Piye iki....padahal aku nyobanya ¼ kg terigu. Ya udahlah, gak mau ngecewain teman, aku buat lagi pake resep yang ini. Akhirnya.....sukseslah bolu kukusku. Ini penampakannya.
bolu kukus sukses
 
 
Bolu Kukus ala Tetanggaku
 
600 gr Terigu
600 gr gula pasi
6 btr telur
1 boltol sprite
1 sdm TBM
 
Caranya :
 
Kocok semua bahan sampai putih dan mengembang lebih kurang 25 sampai 30 menit.
Tambahkan pewarna sesuai selera. Masukkan kedalam cetakan sampai penuh.
Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Alas tutup kukusan dengan serbet. Kukus lebih kurang 20 menit.
mengkerut di bawah